Tuesday 10 July 2012

Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer ditemukan berawal ketika George Stibitz dari kampus Dartmouth yang terletak di New Hampshire, pada bulan september 1940 George menggunakan mesin teletip untuk mengirimkan beberapa masalah ke Complex Number Calculator di New York. George pun menerima balasan pesan dari alat yang sama yaitu mesin teletip itu tadi.
Berikut ini adalah sejarah singkat mengenai jaringan yang kesuksesannya yang mungkin menarik perhatian ARPA (Advanced Research Projects Agentcy), sehingga pada tahun 1962 seorang yang bernama J.C.R. Lickliader mengembangkan sebuah grup jaringan yang disebut dengan 'Intergalactic Network', sebagai cikal bakal pengembangan ARPAnet.

Pada tahun 1964, seorang peneliti di Dartmouth mengembangkan sistem tersebut pada komputer. Pada tahun yang sama juga, MIT (Massachusetts Institute of Technology) membentuk grup penelitian yang didukung oleh General Electric dan Bell Labs, dengan komputer yang bernama PDP-8 untuk mengarahkan dan mengatur koneksi telpon. Pada tahun 1968, Paul Baran mengusulkan model jaringan yang terdiri dari datagram dan paket-paket yang dapat digunakan dalam jaringan sistem komputer.

Setahun kemudian, empat universitas di Amerika yaitu Universitas California yang terletak di Los Angeles, SRI yang berada di Stanford, Universitas California di Santa Barbara dan yang terakhir adalah Universitas Utah telah membuat jaringan sendiri agar ke empat kampus tadi saling terhubung dengan jaringan 50 kilobit. Dan inilah yang disebut dengan ARPAnet Project yang merupakan, awal mulanya jaringan dan internet.

Demikian sedikit cerita tentang sejarah jaringan komputer, semoga bermanfaat untuk anda semua.

No comments:

Post a Comment