Sunday 1 July 2012

10 Hal dalam Windows XP

10 hal yang Anda tidak tahu tentang Windows XP. Mari kita jelajahi dan kita ungkap rahasia yang terdapat pada Windows XP yang biasa kita gunakan sehari-hari sebagai sistem operasi komputer.
Langsung saja kita mulai :
  1. Menawarkan berapa lama komputer anda tetap hidup. Sedangkan di versi Windows yang sebelumnya menawarkan tentang berapa lama komputer anda booting, XP patut dibanggakan dan diacungkan jempol untuk stamina dan daya tahannya. Untuk mengetahui informasi sistem anda bisa baca dipostingan sebelumnya.
  2. Anda dapat menghapus file yang ada secara langsung, tanpa harus masuk ke Recycle Bin dulu. Caranya : Klik kanan pada Recycle Bin -> Pilh Properties -> Pilih Do not move files to Recycle Bin.
  3. Anda dapat mengunci Workstation pada Windows XP anda dengan cara tekan tombol Windows+L pada keyboard secara bersamaan. 
  4. Windows XP juga dapat menyembunyikan beberapa sistem perangkat lunak seperti Windows Messenger, Caranya : Masuk kedalam Program di Control Panel, Lalu pilih Add / Remove Windows Components dan akan ada mangsa Anda disana (Yang mau anda hilangkan)
  5. Bagi anda yang terampil dalam DOS, XP memiliki sejumlah perintah baru yang menarik. Seperti 'eventcreate' dan 'eventtriggers' untuk membuat dan menyaksikan aktivitas sistem, 'typeperf' untuk memantau kinerja dari berbagai subsistem, dan satu lagi 'schtasks' untuk menangani tugas-tugas yang telah dijadwalkan. Seperti biasa, jika anda ingin tau perintah apa aja yang tersedia ketik saja /? akan memberikan daftar pilihan perintah yang ada.
  6. Windows XP memiliki dukungan IP versi 6 (Generasi lanjutan dari IP versi 4). Sayangnya ini harus diinstall terlebih dahulu, beda halnya dengan Windows 7 yang sudah tersedia. Jika anda mau melakukan percobaan ini pada LAN anda. Ketik 'ipv6 install' didalam Run. (Tidak akan merusak konfigurasi jaringan yang ada) dan kemudian dilanjut ketik 'ipv6 /?' untuk mengetahui lebih lanjut.
  7. Anda dapat mematikan program yang sedang berjalan secara langsung dengan menggunakan perintah 'tskill' lanjut proses nomor nya. Untuk nomor proses yang sedang aktif ketik 'tasklist', secara otomatis akan menampilkan seluruh program yang sedang berjalan. (Hanya bisa digunakan pada MS-DOS).
  8. Windows XP dapat membuat file Zip menjadi seperti folder. Caranya dengan mengetik 'regsvr32 / u zipfldr.dll' pada command prompt. Jika anda ingin merubahnya kembali, anda dapat mengembalikannya dengan mengetik 'regsvr32 zipfldr.dll'.
  9. Tombol Windows+Break untuk menampilkan kotak dialog System Properties.
  10. Tombol Windows+D untuk menampilkan desktop.
Sementara ini dulu yang dapat saya berikan kepada anda, karena lumayan capek juga nulisnya. :-P
Mudah-mudahan bisa menambah ilmu komputer kita, satu lagi jangan pernah bosan untuk membaca postingan yang ada di blog ini. Karena kita disini sama-sama belajar dan berbagi ilmu. ^_^

No comments:

Post a Comment